TKIT Mu’adz Bin Jabal 2 Ketandan: Manfaat Bermain Alat Musik Pada Anak

Anak usia dini (AUD) adalah mereka yang berusia di bawah 6 tahun termasuk mereka yang masih berada dalam kandungan yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, kepribadian, dan intelektualnya baik yang terlayani maupun tidak terlayani di lembaga pendidikan anak usia dini. Salah satu yang menjadi ciri Anak Usia Dini (AUD) yaitu memiliki periode keemasan, dimana semua potensi anak berkembang dengan cepat. Dalam anak usia dini terdapat masa eksplorasi, masa identifikasi atau imitasi, masa identifikasi/imitasi, masa peka, masa bermain dan masa membangkang tahap awal. Namun di sisi lain anak usia dini berada pada masa kritis, yaitu masa keemasan anak yang tidak akan dapat terulang kembali pada masa berikutnya. 

Salah satu bentuk menfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan dimasa emasnya, TKIT Mu’adz Bin Jabal 2 Ketandan memberikan fasilitas kepada anak untuk bermain alat musik Drum Band yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Beberapa manafaat bermain alat musik bagi anak seperti:

  1. Mencerdaskan Otak

Musik berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak, karena ketika mendengarkan musik, sel-sel otak anak akan aktif bekerja seperti memahami ritme, melodi, dan harmoni. Bermain alat musik juga berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, termasuk daya ingat, memecahkan masalah, dan kemampuan dalam berpikir abstrak.

  • Mengembangkan Ketrampilan dan Koordinasi Motorik

Memainkan alat musik melatih anak dalam memengembangkan kemampuan motorik dan sensitivitas telinga untuk mengembangkan koordinasi berbagai macam indra seperti mengetuk drum melibatkan gerakan tangan, jari dan koordinasi mata-tangan. Hal ini membantu juga dalam memperkuat otot-otot kecil dan meningkatkan kontro; motorik halus mereka.

  • Meningkatkan Keterampilan Bahasa dan Komunikasi

Musik memiliki kekuatan untuk merangsang perkembangan Bahasa pada anak-anak. Bermain alat musik dapat membantu meningkatkan pemahaman anak terhadap ritme, melodi dan intonasi yang semuanya mendukung perkembangan ketrampilan bicara dan mendengarkan.

  • Meredakan Stres dan Cemas pada Anak

Melalui musik, dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mood anak. Anak dapat mengeksplorasi berbagai suara atau melodi, mengembangkan preferensi musikal mereka sendiri, dan menggali potensi kreativitas. Hal ini tentunya dapat membantu perkembangan identitas anak dan membantu menemukan cara unit untuk menyampaikan perasaan dan ide.

  • Pembentukan Disiplin dan Ketekunan

Praktik bermain alat musik memerlukan ketekunan dan disiplin. Anak-anak diajarkan untuk konsisten dan bersabar dalam mengembangkan ketrampilan serta membantu mengembangkan nilai-nilai positif seperti ketekunan, tanggung jawab dan kemandirian.

Bermain alat musik di TKIT Muadz Bin Jabal 2 Ketandan bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga membantu anak untuk mengembangkan potensi di masa emasnya agar berkembang lebih maksimal. Dengan memahami dan menerapkan manfaat ini secara optimal, TKIT Mu’adz Bin Jabal 2 Ketandan turut berkontribusi dalam membentuk generasi muda kreatif, kooperatif, dan berkembang secara holistik.

https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010102-M1.pdf

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/manfaat-musik-bagi-anak

Bermain alat musik drumband

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *